Jenis-Jenis Musik Blues

Jenis-Jenis Musik Blues – Asal kata istilah blues Terminologi atau istilah ‘blues’ adalah mengacu pada kata ‘BLUE DEVIL‘, yang berartimelankoli dan penuh kesedihan. Istilah ini ditemukan, dan digunakan pertama kali olehGeorge Colman ( penulis dan dramawan Inggris, 21 October 1762 – 17 October 1836 ), dalam salah satu babak dalam sandiwara “ blue devil “, yang dimainkan di satu daerah Eropa tahun 1798. Satu pertunjukan sandiwara protes yang menyindir siapa saja, termasuk raja dimasa itu. Kata “Blues“ resmi dipakai baru pada tahun 1910. Walau penggunaan dalam frasa musik Afrikan Amerika mungkin lebih tua, sejak 1912 Hart Wand dari “Dallas Blues” merupakan pemilik hak cipta pertama kali atas komposisi musik blues. Lirik dalam frasa tersebut sering digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suasana hati yang tertekan. Tertekan karena nasib perbudakan yang dialami kaum kulit hitam di Amerika waktu itu. Makanya kalau kita mendengar lagu blues, lebih banyak nada-nada yang meratap melengking tinggi dan panjang. Permaianan alat musik gitar dan harmonika juga seperti itu, akan sering berakhir pada nada tinggi melengking panjang. https://www.griyabet88.com/

Jenis jenis music blues Musik blues mempunyai karateristik tersendiri, seperti lirik, garis permainan bass dan instrument lainnya. Genre ( gaya ) blues bisa dibagi lagi menjadi beberapa genre blues lainnya, seperti country blues sampai genre atau gaya urban blues yang cukup popular di periode abad 20 an. Gaya permainan blues yang paling dikenal antara lain ;

Jenis-Jenis Musik Blues

Delta blues, gaya permainan blues berasal dari daerah Mississipi dan berkembang ke Tennesse, Vickburg dan ke Yazoo River. Alat musik yang dominan biasa digunakan, gitar, harmonika, Cigar Box Guitar. Salah satu pencetus delta blues adalah Charlie Patton. Musisi lainnya antara lain Robert Lockwood jr,Robert Johnson.

Piedmont blues,  disebut juga East Coast Blues populer di tahun 1920 an. gaya permainan Finger Style, permainan dengan cara Finger Picking, menggunakan sinkopasi melodi, treble string yang biasa menggunakan  petikan 4 jari. Musisi blues style ini antara lain, John Jackson.

Jump blues, biasa dimainkan dalam kelompok kecil. Populer di tahun 1940 an. Dimainkan dalam Up Tempo ( tempo cepat ), biasanya menggunakan alat musik tiup sebagai alat musik tambahan, alat musik tiup jenis HORN. http://63.250.39.52/

Chicago blues, gaya permainan blues yang berkembang di Chicago,Illinois. Menggunakan alat musik akustik gitar, harmonika. Chicago blues lahir dari unsur Delta Blues. Musisi style Chicago blues antara lain, Willie Dixons, Muddy Water, KokoTaylor.

Perang dunia ke 2 menandai transisi alat musik, peralatan akustikberubah ke peralatan musik elektrik,  muncul gaya progresif blues. Di tahun 1960 an dan 1970 an, muncul sebuah gaya blues baru, dari bentuk cangkokan atau campuran beberapa gaya permainan blues, disebut rock blues, evolusi dari gaya campuran permainan blues.

Dari blues inilah pada akhirnya lahir berbagai aliran musik, seperti, jazz, rock & roll, funk, R&B dan sebagainya. Blues telah mengalir ke seluruh dunia, yang pada akhirnya lahir berbagai macam permainan musik blues dengan style daerah masing-masing. Tapi nuansa blues gaya tradisional ( blues lama ) tetap lebih meresap di hati penikmatnya, daripada gaya blues modern yang menggunakan peralatan musik elektrik modern. Apalagi dengan kecanggihan alat rekam, hasil musiknya sudah tidak orisinal lagi. Musik yang terdengar terasa sudah tidak ada “isi” nya lagi.